Sabtu, 06 Oktober 2012

Pengetahuan Dasar Pemrograman Berorentasi Objek / PBO (object oriented programming ,OOP)


Pemrograman berorentasi Objek  (PBO)  atau object oriented programming (OOP) ..ups..apalagi nih..?
Tenang… tenang..  bagi yang sudah denger tapi belum tau atau yang belum denger dan belum tau  saya kasih tau rahasia nya, dengarkan sugesti saya… bahwa yang namanya OOP itu mudah dimengerti dan sebenarnya konsep dasarnya  sudah ada di alam nyata .  Jadi OOP ini cara bikin program yg meniru sebagian kecil apa yg terjadi  di alam alias OOP itu emang sebagian kecil dari ilmuNya.
Btw Untuk apa sih  kita mengetahui OOP ?  ya terpaksa deh kita harus tau karena bahasa pemrograman java,  C# , C++ ,PHP  atau VB.net yang akan kita pakai saklek menerapkan konsep OOP dalam dirinya,  kecuali bahasa  C  yg tdk menerapkan  konsep OOP.
Konsep dasar objek  meniru dunia nyata  yaitu   segala sesuatu dipandang (berorientasi)  sebagai benda ( objek) , yang bisa melakukan sesuatu (dlm dunia pemrograman berbentuk Fungsi) dan mempunyai sifat tertentu (dlm dunia pemrograman sbg data/variable) .  Dalam PBO  data di sebut juga properties dan fungsi disebut sebagai method.
Contoh konkrit objek di alam nyata
contoh pertama : objek kucing persia

objek kucing persia
objek kucing itu bisa melakukan : berjalan maju , melompat, berlari , tidur , makan dll
objek kucing memiliki sifat : kulit belang , ekor pendek ,  kuku tajam dll.
semua contoh  itu adalah objek di alam nyata  lalu bagaimana hubungannya dengan program OOP?  di dalam OOP, objek adalah sebuah benda yang dapat anda nyatakan dalam program.

Objek Dan Class
Objek dibuat  (instance)  dari  sebuah Class , jadi semua code program (data/properties  dan fungsi/methode) objek ada di class.  Dengan kata lain class adalah blue print (cetakan) dari objek.
format / template sebuah Class :
Class nama_class
{
properties
methode()
{
}
}
hubungan Class dan Objek bisa digambarkan sbb:

contoh gambaran hubungan Class dan Objek dlm dunia kehidupan sehari2
contoh  Class kucing :
Class Kucing
{
string warna_bulu;
int  panjang_ekor ;   // centi
int x ;    // jarak tempuh
int  kecepatan_langkah = 3  ;   //cm/detik

berjalan_maju()
{
x = x+kecepatan_langkah;
}
,
berlari()
{
x = x *( kecepatan_langkah *10);
},
}
Pada program yang digunakan adalah objeknya bukan Class ,  untuk itu kita harus membuat (instance)  objek dari kelas
cara membuat objek dari kelas :
nama_class   nama_objek = new nama_class;
contoh contoh objek dari Class kucing:
kucing_persia, kucingku, kucing_jantan, kucing1,kucing2 dst..
cara membuat objek tsb diatas di dalam program
kucing   kucing_persia = new kucing;
kucing  kucingku = new kucing;
Ilustrasi pembuatan objek dari sebuah Class  perumpamaan pembuatan kue dari cetakan kue

Ilustrasi Class dan object
untuk membuat objek kue1 , kue2 , kue3 dst.. :
kue1 = new kue()
kue2 = new kue()
kue3 = new kue()

untuk membuat object COM1
COM1 = new SerialPort();
artinya kita membuat objek COM1 dari Class SerialPort.
Penggunaan objek dalam program
penggunaan objek dlm program maksudnya bagaimana kita mengakses /memakai properties dan method dari objek tsb.
  • Memakai/mengakses  properties dari objek :  nama_objek.nama_properties  
       contoh :   kucing_persia.warna_bulu = “putih”;
  • Memakai/mengakses  method dari objek:    nama_objek.nama_methode();
        contoh    kucing_persia.berlari() 
Contoh penggunaan objek di dalam pemrograman :
objek   COM1    (serial port)
method  COM1  antara lain mengirim data,menerima data, dll
properties COM1  antara lain, speed , parity,portname,stopbit,startbit  dll
contoh kongkrit  methode  dari  objek  COM1 dlm pemrograman C# :
COM1.ReadByte() ;    // menerima  data
COM1.WriteByte() ;    // mengirim data
contoh  properties  objek COM1 adalah
COM1.BaudRate =”9600″;
COM1.NewLine=”\n\r”  ;
Untuk objek COM1 diatas adalah  instance   dari class SerialPort.  Class SerialPort sudah disediakan oleh C#.
Contoh lain Object kue seperti tampak pada gambar dibawah ini
setelah dibuat maka object  COM1 bisa digunakan didalam program kita.
Cara yang lain yang lebih mudah untuk membuat objek  menggunakan componen serialport pada IDE visual studio C#  sbb:
membuat objek serialport dgn componen
Pada  gambar di atas kita melihat object serialport1 telah dibuatkan otomatis dgn men drag and drop komponen(class)  SerialPort.
jika ingin melihat atau kita ingin  merubah nilai property  dari  object serialport1  klik kanan serialport1 ->klik properties
Contoh Program Sederhana C# yg menggunakan  konsep OOP:
using System.IO.Ports
class Kirim_data_RS232
   {
static void Main()
         {
     ojek_COM1 = new SerialPort();//membuat objek dr Class SerialPort
      ojek_COM1.BaudRate="9600";      // mengisi property
      ojek_COM1.Parity = Parity.none;  //mengisi property
      ojek_COM1.Open();           //methode membuka Serial komunikasi
      ojek.WriteLine=("test data dikirim");   //methode mengirim data
        } 
    }
Pada contoh diatas Class SerialPort sudah ada di dlm namespace System.IO.Ports jadi kita bisa langsung membuat objeknya saja yg kita beri nama “ojek_COM1″
Contoh Contoh Kelas
setelah membaca artikel ini apakah anda sudah mengerti apa itu Class dan object?
tolong dijawab yah….
referensi:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright ELEKTRONICA MIKROKONTROLER All Rights Reserved
Powered by Alat Rekaman
ProSense theme created by Dosh Dosh and The Wrong Advices.
Blogerized by Bonard Alfin Forum Distorsi.